Tugas 2 Sistem Informasi Manajemen
1. Bisnis adalah suatu
kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan
aktivitas produksi, penjualan, pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa,
dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba.
Kata “bisnis” berasal
dari bahasa Inggris, yaitu “business” yang artinya kesibukan.
Dalam konteks sederhana, yang dimaksud dengan kesibukan adalah melakukan suatu
aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang.
·
Produksi
Produksi adalah segala
kegiatan yang menambah nilai guna suatu barang untuk kebutuhan manusia.
Produksi di kategorikan menjadi tiga macam yaitu : produksi primer, sekunder
dan tersier.
·
Produksi Primer
Adalah kegiatan / proses
menghasilkan bahan – bahan baku atau bahan mentah dengan cara mengambilnya
langsung dari alam. Di bidang pertambangan manusia mengambil biji besi, timah
tembaga, emas, perak, aluminium, dan mineral – mineral lain untuk dijadikan
bahan baku industri. Di indonesia banyak sekali perusahaan – perusahaan
pertambangan. Contohnya tambang timah yang ada di Bangka dan Belitung, tambang
tembaga yang ada di tembagapura, tambang emas dan batubara yang ada di
kalimantan dan masih banyak lagi pertambangan yang lain. Para nelayan mengambil
ikan langsung dari laut atau manusia mengambil ikan yang ada di sungai dan
danau. Ada yang mengambil langsung hasil hutan misal kayu, buah – buahan, sagu,
kelapa, dan bahan makanan lain tanpa harus menanam dulu.
·
Produksi Sekunder
Produksi sekunder adalah
kegiatan yang dilakukan untuk memproses bahan mentah / bahan baku menjadi bahan
setengah jadi.Misalnya biji besi diolah menjadi profil – profil besi atau
menjadi lembaran – lembaran baja. Benang diolah menjadi kain. Selain itu
produksi sekunder juga mencakup produksi perakitan. Misalnya di Batam ada
industri perakitan alat – alat elektronika, seperti handphone dirakit dari
komponen – komponen setengah jadi yaitu LCD, board, casing, baterai, charge,
dll. Negara – negara yang sudah maju banyak sekali industri – industri
sekunder, karena tidak mempunyai kekayaan alam seperti di negara indonesia.
Mereka mengimpor bahan – bahan baku dari negara lain.
·
Produksi Tersier
Produksi tersier adalah pendukung atau
penunjang produksi primer dan sekunder dalam aktivitasnya. Misalnya perusahaan
transportasi mengangkut barang – barang yang dihasilkan produksi sekunder untuk
disalurkan ke cabang – .cabang di seluruh wilayah indonesia bahkan untuk
diekspor. Pedagang – pedagang besar atau agen – agen yang mempunyai peran
mendistribusikan barang ke pengecer dan juga sampai ke pemakai akhir yaitu
konsumen. Contoh lain produksi tersier yaitu telekomunikasi, real estate,
perbankan, asuransi, keuangan, hotel dan restoran. Dan juga termasuk tenaga –
tenaga ahli yang profesional seperti guru, dokter, bidan, pengacara, seniman,
adalah bentuk dari produksi tersier.
2. E-business
adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan
produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan,
dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data
yang telah terkomputerisasi. (Steven Alter. Information System: Foundation of
E-Business. Prentice Hall. 2002).
E-Commerce
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
3. B2B ( Business to Business )
B2B adalah aktivitas transaksi bisnis secara elektronik antara pel
aku bisnis dengan pelaku bisnis lainnya.B2B berkaitan dengan permintaan dan pengiriman proposal bisnis.B2B menggunakan sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar perusahaan dengan menggunakan aplikasi komputer dengan format standar yang telah disepakati yang disebut EDI ( Electronic Data Interchange ).
B2C ( Business to Consumer )
B2C merupakan aktivitas e-business yang dilakukan produsen kepada konsumen dengan menggunakan media elektronik secara langsung.B2C membuat konsumen dapat melakukan pemesanan secara langsung karena produsen sudah mencantumkan harga-harga produk yang dijual.Electro-
nic cash dan secure payment system merupakan contoh nyata aktivitas B2C.
B2C merupakan aktivitas e-business yang dilakukan produsen kepada konsumen dengan menggunakan media elektronik secara langsung.B2C membuat konsumen dapat melakukan pemesanan secara langsung karena produsen sudah mencantumkan harga-harga produk yang dijual.Electro-
nic cash dan secure payment system merupakan contoh nyata aktivitas B2C.
C2C ( Consumer to Consumer )
C2C merupakan aktivitas bisnis (penjualan) yang dilakukan oleh individu (konsumen) kepada individu (konsumen) lainnya.C2C dapat dilakukan secara langsung karena banyaknya fasilitas yang memungkinkan hal tersebut.Ada beberapa fasilitas yang digunakan untuk aktivitas C2C,yaitu ebay,tokobagus.com dan kaskus.
C2C merupakan aktivitas bisnis (penjualan) yang dilakukan oleh individu (konsumen) kepada individu (konsumen) lainnya.C2C dapat dilakukan secara langsung karena banyaknya fasilitas yang memungkinkan hal tersebut.Ada beberapa fasilitas yang digunakan untuk aktivitas C2C,yaitu ebay,tokobagus.com dan kaskus.
C2B ( Consumer to Business )
C2B merupakan model bisnis di mana konsumen (individu) menciptakan dan membentuk nilai akan suatu produk dan perusahaan menggunakan nilai ini.C2B melihat ide konsumen sebagai suatu input bagi produsen dalam melakukan produksi.
C2B merupakan model bisnis di mana konsumen (individu) menciptakan dan membentuk nilai akan suatu produk dan perusahaan menggunakan nilai ini.C2B melihat ide konsumen sebagai suatu input bagi produsen dalam melakukan produksi.
B2G ( Business to Government )
B2G merupakan turunan dari B2B dalam ilmu pemasaran dan dikenal sebagai pemasaran sektor publik yang mencakup pemasaran produk-produk dan jasa untuk instansi pemerintah melalui teknik komunikasi pemasaran terpadu seperti branding,marcom,iklan dan komunikasi berbasis web.
B2G merupakan turunan dari B2B dalam ilmu pemasaran dan dikenal sebagai pemasaran sektor publik yang mencakup pemasaran produk-produk dan jasa untuk instansi pemerintah melalui teknik komunikasi pemasaran terpadu seperti branding,marcom,iklan dan komunikasi berbasis web.
G2C ( Government to Consumer )
G2C merupakan aplikasi pengembangan e-government dimana pemerintah menciptakan dan menerapkan berbagai portofolio Teknologi Informasi dengan tujuan untuk memperbaiki hubungan interaksi dengan masyarakat dan melakukan pelayanan bagi masyarakat.Hal ini bertujuan untuk mendekatkan pemerintah dengan rakyat melalui saluran akses yang
beragam agar masyarakat dapat dengan mudah menjangkau pemerintah nya untuk pemenuhan berbagai kebutuhan pelayanan sehari-hari (contohnya BPS,PLN dan PDAM) melalui internet
G2C merupakan aplikasi pengembangan e-government dimana pemerintah menciptakan dan menerapkan berbagai portofolio Teknologi Informasi dengan tujuan untuk memperbaiki hubungan interaksi dengan masyarakat dan melakukan pelayanan bagi masyarakat.Hal ini bertujuan untuk mendekatkan pemerintah dengan rakyat melalui saluran akses yang
beragam agar masyarakat dapat dengan mudah menjangkau pemerintah nya untuk pemenuhan berbagai kebutuhan pelayanan sehari-hari (contohnya BPS,PLN dan PDAM) melalui internet
B2E adalah layanan yang disediakan sebuah
perusahaan pada karyawannya untuk memudahkan urusan karyawan dengan perusahaan.
Misalkan seorang karyawan yang ingin mengambil cuti, tidak perlu lagi menghadap
bagian kepegawaian. Ia dapat mengakses situs resmi perusahaan dan mengajukan
permohonan cuti tersebut. Atau seorang karyawan yang ingin mendapatkan
tunjangan kesehatan karena dirawat di rumah sakit, cukup mengakses situs resmi
perusahaan dan mengisi formulir secara online.
Collaborative Commerce (C Commerce): Dalam C Commerce,
partner bisnis saling bekerjasama secara elektronik.kerjasama ini biasanya
terjadi sepanjang rantai produksi suatu barang atau jasa, misalnya produsen
dengan distrbutornya.
Mobile Commerce: Mobile Commerce memungkinkan penggunaan
E Commerce tanpa kabel, seperti mengakses internet melalui handphone, PDA, dll.
Pada dasarnya, M-Commerce ini merupakan gabungan dari e-commerce dan mobile
computing. Karena itu, bisa dikatakan bahwa M-Commerce adalah E-Commerce yang
berada dalam lingkungan nirkabel..
Komentar
Posting Komentar